Dirlantas Polda Sumut dan Kapolres Tapsel Turun ke Batu Jomba

SHARE

Medan – Guna menjaga kondisi jalan agar tetap berfungsi dengan baik, Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto, bersama Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Imam Zamroni, turun langsung ke Jalan Lintas Batu Jomba, Rabu (2/8/2023).

Selain itu turut hadir personel gabungan dari Satpol PP, BPBD, Dinas PU PR, Dinas Perhubungan, PPK 2.2 Satker Wilayah II Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut, hingga Jasa Raharja.

“Kami semua hadir di sini dalam rangka membantu rekan-rekan kita dari BBPJN untuk menjaga fungsional Jalan (Batu Jomba-red) ini,” ungkap Muji saat sesi wawancara bersama awak media.

Kemudian, lanjut Muji, pihaknya melakukan pengaturan arus lalu lintas di lokasi untuk menghindari kemacetan kenderaan. Untuk saat ini, sebutnya, pihaknya membantu BBPJN mengatur arus lalu lintas dengan sistem buka tutup.
Dan ada juga yang menyiapkan bantuan berupa material (penimbun Jalan) untuk mengurangi ketajaman Jalan Lintas Batu Jomba yang amblas,” imbuhnya.

Sebelumnya, Muji menuturkan bahwa dari hasil penelitian dan kajian dari BBPJN bekerja sama dengan akademisi dan peneliti-peneliti menyebutkan bahwa, di Jalan Batu Jomba ini terdapat artesis (air yang memancar ke luar ke permukaan tanah) dan sesar (patahan) bumi.

Baca juga:  Resmi Dandim Boyolali Membuka Liga Santri Piala Kasad se-Boyolali

Oleh karena itu, sambungnya, BBPJN sedang merencanakan untuk membuat rute Jalan yang baru. Di mana, rute Jalan yang baru tersebut harus menjauh dari lokasi saat ini sejauh 14 Km. BBPJN juga telah merencanakan, ada sepanjang lebih kurang 34 Km untuk nanti membuka Jalan baru.

“Namun demikian, semuanya itu masih berproses. Jadi yang bisa kita lakukan saat ini sampai Jalan yang baru nanti jadi (selesai) adalah menjaga fungsional Jalan Lintas Batu Jomba,” ungkap Muji.

Kendati demikian, ia tak menampik rusaknya Jalan Lintas Batu Jomba juga akibat muatan berlebih dari kenderaan yang melintas. Dia menyampaikan bahwa, dua Jembatan Timbang yang ada di Kabupaten Tapsel dan Tapanuli Utara, saat ini tidak berfungsi.

Dengan tidak berjalannya fungsi Jembatan Timbang tadi, maka kenderaan-kenderaan yang melewati (Batu Jomba) ini (jadi) over dimensi over load (ODOL). Dengan dilewati kenderaan-kenderaan ODOL itu, maka akan semakin menambah cepat turunnya Jalan yang berpotensi amblas,” pungkas Dirlantas menutup.

Baca juga:  Tutup MRFW, Bobbi Nasution Menginginkan Medan Rujukan Fashion Muslim di Indonesia

Amatan di lokasi, puluhan personel gabungan dari Polri, pemerintah, dan pihak-pihak terkait lainnya, turun ke Batu Jomba bergotong-royong menimbun Jalan berlubang/amblas di Jalan Lintas Batu Jomba. Sejumlah alat berat juga turun untuk membantu proses penimbunan Jalan yang berlubang/amblas.

Sebahagian personel gabungan, melakukan pengaturan arus lalu lintas dengan sistem buka tutup di lokasi. Tujuannya, guna menghindari kemacetan kenderaan saat proses penimbunan dan pembenahan Jalan Lintas Batu Jomba sedang berlangsung.

Tampak hadir, Kepala Jasa Raharja Perwakilan Padangsidimpuan, Soni Sumono. Pimpinan PPK 2.2 Satker Wilayah II BBPJN Sumut, Manaek Manalu. Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tapsel, Oskar Hendera Daulay. Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Tapsel, M Akbar Tanjung.

Selanjutnya, Kasatpol PP Kabupaten Tapsel, Jhonni Gumansi. Sekretaris BPBD Kabupaten Tapsel, Addarsi Harahap. Serta, personel Polres Tapsel dan gabungan lainnya. Sebagai informasi, Batu Jomba sendiri berada di Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel.

SHARE

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*