Daging Ayam di Konsumsi Secara Mentah, Boleh kah?

daging ayam segar
Daging ayam mentah
SHARE

MEDAN – Kalau membuat steak daging sapi ada tingkat kematangan mulai dari rare atau sebagian besar mentah sampai well-done atau matang sempurna. Namun, hal itu tidak berlaku pada daging ayam. Pasalnya, daging ayam harus dimasak sampai matang sempurna. Melansir Healthline, daging ayam merupakan salah satu makanan yang dapat mengakibatkan keracunan. Mengapa bisa seperti itu dan bagaimana cara mengolahnya  dengan aman? Berikut ulasannya

Baca Juga: Bau Badan ? Hindari 5  MakananBerikut !

Memakan ayam mentah akan meningkatkan risiko berkembangnya bakteri Salmonella dan Campylobacter pada tubuh. Kebanyakan orang yang mengalami keracunan makanan akan pulih tanpa efek mengalami kompilasi. Namun, beberapa orang bisa saja mengalami komplikasi yang lebih serius seperti gagal ginjal, radang sendi kronis, dan kerusakan otak dan saraf. Tamika Sim, direktur Komunikasi Teknologi Pangan di International Food Information Council Foundation, mengatakan makan ayam mentah sama sekali tidak sebanding dengan risikonya yang cukup merepotkan.

Baca Juga: 8 Manfaat Mangga Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

“Setelah kamu makan ayam mentah, yang dapat mengandung bakteri penyebab keracunan, tubuh akan melakukan respons kekebalan. Pada dasarnya, sel-sel khusus dalam tubuh akan melawan bakteri tersebut dan membunuhnya lalu mencoba mencegahnya berkembang biak atau menyebarkan racun berbahaya,” kata Sim dilansir dari Healthline. Gejala penyakit keracunan makanan dapat bervariasi, tetapi biasanya bisa terlihat dari mual, kram perut, diare, muntah dan dehidrasi.

Baca juga:  5 Manfaat Sayur Kangkung untuk Kesehatan Tubuh

Cara mengolah daging ayam yang baik

Untuk mencegah muncul nya masalah kesehatan saat akan mengkomsumsi daging ayam, Food and Drug Administration (FDA) AS menyarankan orang yang memasak ayam mentah untuk mengikuti langkah-langkah dasar yaitu membersihkan, memisahkan, dan memasak. Pertama, bersihkan tanganmu sebelum dan sesudah memegang ayam mentah, untuk menghindari kontaminasi silang. Kemudian pisahkan ayam mentah dan sarinya atau darahnya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam mesin pendingin. Gunakan talenan dan pisau khusus untuk memotong ayam dan jangan menggunakannya untuk memotong bahan makanan lain. Selanjutnya, masak ayam sampai suhu bagian dalam daging minimal 74 derajat celsius.

Baca juga:  Bipolar, Kenali Gejalanya Sejak Dini !

Sumber: Kompas.com

(Ju)

SHARE

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Tidur Siang Bikin Kita Gemuk, Benarkah? - Transpublik.co.id
  2. Bipolar, Kenali Gejalanya Sejak Dini ! - Sumut Kita

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*