Babinsa Saradan Menghimbau Warga Waspadai Gejala Virus PMK pada Ternak

Babinsa Saradan Menghimbau Warga Waspadai Gejala Virus PMK pada Ternak
Babinsa Saradan Menghimbau Warga Waspadai Gejala Virus PMK pada Ternak
SHARE

Sragen, Sumutkita.com – Dalam mengantisipasi dan mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Sertu Joko Priyanto Babinsa desa Saradan Koramil 02/Karangmalang melaksanakan komsos sekaligus melakukan sosialisasi kepada bapak Hanura selaku Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat Dk. Pantuk Rt.14 Ds. Saradan, Kec. Karangmalang, Rabu (19/7/2022).

Babinsa juga mengungkapkan, bahwa saat ini telah terjadi beberapa kasus tentang maraknya penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak jenis sapi, sehingga menjadi kekhawatiran baru ditengah masyarakat.

Baca juga:  Bobby Nasution Memimpin Penertiban APK Bersama Forkopimda Medan, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Medan

“Penyakit ini rentan menulari hewan ternak seperti, sapi, kerbau, kambing dan domba, kami ingin menyampaikan kepada para peternak untuk lebih mengenal gejala ataupun ciri-cirinya seperti adanya air liur pada mulut yang terjadi secara terus menerus dan juga adanya kuku yang mengelupas,” jelasnya

Menurutnya, jika muncul gejala atau ciri-ciri tersebut, agar para peternak segera memeriksakan kesehatan ternaknya, atau menghubungi Balai Penyuluh Pertanian maupun dokter hewan maupun dinas kesehatan hewan setempat
dalam kesempatan tersebut, Sertu Joko berpesan kepada peternak agar selalu memperhatikan faktor kebersihan kandang, sebagai salah satu cara pencegahan dini supaya tidak tertular penyakit tersebut.

Baca juga:  Kodim 0726/Sukoharjo Distribusikan BLT Migor kepada 12 Ribu PKL dan Pemilik Warung

“Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk rutin membersihkan kandang dan hewan ternaknya, dan sekali lagi apabila ditemui gejala PMK ini, segera melapor apabila sehingga dapat segera ditanganani oleh dinas kesehatan hewan agar tidak terjadi penularan terhadap hewan lain,” tutup Babinsa. (Agus Kemplu)

(SK/Ad)

SHARE

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*