Polrestabes Medan Menggelar Razia di Lapas Kelas 1 Medan

Polrestabes Medan Menggelar Razia di Lapas Kelas 1 Medan
Polrestabes Medan Menggelar Razia di Lapas Kelas 1 Medan
SHARE

Medan, Sumutkita.com – Polrestabes Medan menggelar razia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Medan pada hari Jumat, 5 April 2024.

Kegiatan razia tersebut telah berhasil dilaksanakan dengan baik. Dalam kegiatan ini, tidak ditemukan barang-barang mencurigakan ataupun barang terlarang di blok-blok sel gabungan pegawai Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Situasi di lapas tersebut dilaporkan aman dan kondusif.

Dalam keterangannya, Kapolrestabes Medan, Komandan A. Alexander SH, menyebutkan bahwa kegiatan razia yang dimulai pukul 15.00 WIB tersebut melibatkan sejumlah personel yang terlatih. Para personel yang terlibat berasal dari berbagai instansi, seperti Polsek Medan Helvetia, TNI Koramil 0201/06/M. Sunggal, dan BNN Provinsi Sumut.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya kami dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lembaga pemasyarakatan, serta mencegah masuknya barang-barang terlarang yang dapat membahayakan penghuni lapas maupun masyarakat luas,” ujar Komandan A.Alexander.

Kegiatan dimulai dengan apel yang dipimpin oleh Ka Kanwil Sumut sekitar pukul 15.00 WIB, dilanjutkan dengan ibadah sholat Ashar bagi yang beragama Muslim. Pukul 15.45 WIB, razia dan penggeledahan dilakukan di blok-blok sel oleh petugas gabungan pegawai Kemenkumham. “Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa seluruh penghuni lapas dalam keadaan aman dan baik,” imbuh Komandan A. Alexander.

Baca juga:  Koordinator Kpj Medan, Minor Dukung Sosialisasi Program Prioritas Pemko Medan Lewat Karya Lagu

Dalam kegiatan ini, beberapa pejabat juga turut hadir untuk memantau langsung proses razia dan penggeledahan. Di antara mereka adalah Kakanwil Jahari Sitepu, Kapten Infantri A.M, Marpaung Koramil 0201/06/MS, serta sejumlah pejabat dari lembaga pemasyarakatan seperti Ka Bapas Sumut, Ka Rutan 1 Medan, Ka Lapas Perempuan, dan lainnya.

Kapten Infantri A.M Marpaung, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi terhadap kinerja aparat keamanan dan petugas lapas dalam menjaga keamanan dan ketertiban. “Kami berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan secara berkala guna menjaga situasi di dalam lapas tetap kondusif,” ujarnya.

Sementara itu, para narasumber dari lembaga pemasyarakatan juga menyampaikan apresiasi mereka terhadap kerjasama antara kepolisian dan instansi terkait dalam menjaga keamanan di lapas. “Kami berkomitmen untuk terus bekerja sama guna menciptakan lingkungan yang aman bagi semua pihak yang berada di dalam lapas,” ujar Ka Rutan Perempuan, Tetty Ernawati Siahaan.

Baca juga:  IKBI PTPN IV Regional I Menggelar Acara Silaturahmi dan Perkenalkan Pengurus Baru

Kegiatan razia di LAPAS Kelas 1 Medan ini juga menjadi perhatian masyarakat luas. Melalui media sosial, netizen ramai membahas tentang pentingnya upaya pencegahan masuknya barang terlarang ke dalam lembaga pemasyarakatan. Tagar #AmanKondusifLapas menjadi trending topic sepanjang hari, menunjukkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keamanan di lingkungan sekitar.

Kegiatan razia dan penggeledahan yang dilakukan oleh Polrestabes Medan di Lapas Kelas 1 Medan mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Dan langkah ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi lembaga pemasyarakatan lainnya dalam menjaga keamanan serta memberikan rasa aman untuk seluruh penghuni dan petugas.

(SK/John Panjaitan)

SHARE

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*